Spesifikasi Service Management System

Service Management System | Bella FSM
Service Management System

Service Portfolio Management
Service Portfolio Management adalah aplikasi tunggal terpusat yang mengagregasi manajer portofolio informasi dan pemilik layanan untuk mendesain saluran pipa layanan yang memenuhi kebutuhan terbesar organisasi, mencegah duplikasi dan tumpang tindih layanan yang tidak perlu, identifikasi dan pensiunkan layanan bernilai rendah dengan cepat sehingga sumber daya dapat digunakan kembali.


Service Level Management
Service Level Management (SLM) bertujuan untuk menegosiasikan Service Level Agreements dengan pelanggan dan untuk merancang layanan sesuai dengan target tingkat layanan yang disepakati.

Kegiatan Service Level Management meliputi:
  • Mengidentifikasi persyaratan bisnis dengan bekerja dengan unit bisnis.
  • Menetapkan ruang lingkup layanan, ketepatan waktu, jam operasi, aspek pemulihan, dan kinerja layanan.
  • Menerjemahkan persyaratan bisnis ke dalam persyaratan TI.
  • Mengembangkan dan memelihara katalog layanan, termasuk biaya untuk berbagai tingkatan kinerja layanan.
  • Melakukan analisis kesenjangan antara persyaratan bisnis dan layanan yang tersedia.
  • Menentukan biaya yang terkait dengan layanan sehingga tujuan layanan memenuhi kebutuhan bisnis dengan harga yang mampu dibayar oleh bisnis.
  • Merancang, menegosiasikan dan menyempurnakan SLA dengan unit bisnis, memastikan persyaratan bisnis terpenuhi dan persetujuan dari semua pihak yang terlibat.
  • Menerapkan SLA
  • Mengukur kinerja SLA, melaporkan hasil dan menyesuaikan seperlunya.

ITIL - Service Reporting - Tutorialspoint
Service Reporting
Proses Service Reporting melaporkan hasil yang dicapai baik secara operasional maupun strategis. Ini juga melaporkan setiap perkembangan yang terkait dengan Service Level Agreements seperti memukul berbagai target, seperti ketersediaan.
Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada IT dan bisnis agar keputusan yang diambil dapat dibuat. IT dan bisnis harus menyetujui format dan gaya laporan yang sesuai dengan audiens yang relevan.

Service Availability and Continuity Management
Ketersediaan layanan (Service Availability) adalah perpanjangan dari ketersediaan tinggi, merujuk pada layanan yang tersedia terlepas dari perangkat keras, perangkat lunak, atau kesalahan pengguna dan kepentingannya.
Service continuity adalah bagian penting dari jaminan suatu layanan. Jika kontinuitas layanan tidak dapat dipertahankan dan / atau dipulihkan sesuai dengan persyaratan bisnis, maka bisnis tidak akan mengalami nilai yang telah dijanjikan. Tanpa kesinambungan utilitas layanan tidak dapat diakses.
SCM berfokus pada peristiwa-peristiwa yang dianggap cukup signifikan oleh bisnis untuk diperlakukan sebagai 'bencana'. Peristiwa yang kurang signifikan akan ditangani sebagai bagian dari proses manajemen insiden.

Capacity Management
Manajemen kapasitas (Capacity Management) adalah proses yang digunakan untuk memastikan bahwa kapasitas TI mampu menyediakan tingkat layanan yang konsisten dan dapat diterima secara berkelanjutan dengan biaya yang diketahui dan dikendalikan.
Manajemen Kapasitas mempunya tujuan untuk memastikan bawa sumber daya teknologi memenuhi persyaratan bisnis saat ini dan masa depan dengan biaya yang efektif.

Information Security Management
Information Security Management (ISM) menjelaskan kontrol yang perlu diterapkan oleh suatu organisasi untuk memastikan bahwa itu secara wajar melindungi kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas aset dari ancaman dan kerentanan. Tanggung jawab untuk keamanan informasi dapat ditugaskan kepada Chief Security Officer, Chief Technical Officer, atau manajer Operasi TI yang timnya meliputi operator TI dan analis keamanan.

Customer Relationship Management
Customer Relationship Management (CRM) adalah teknologi untuk mengelola hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan ataupun calon pelanggan.
Tujuannya sederhana: Meningkatkan hubungan bisnis. Sistem CRM membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan keuntungan.

Supplier relationship management | Promitea
Supplier Relationship Management
Supplier Relationship Management (SRM) muncul pada tahun 1983 ketika konsultan McKinsey Peter Kraljic meminta pembeli korporat untuk tumbuh lebih proaktif dalam manajemen pasokan.
SRM pada dasarnya adalah proses bagi organisasi menentukan kategori pasokan yang penting dan menciptakan strategi yang mengelola barang-barang ini dengan cara yang cerdas.




SRM memiliki tiga langkah, yaitu:
  1. Segementasi pemasok.
    Memetakan pemasok terhadap keuntungan dan paparan risiko.
  2. Pengembangan strategi pemasok.
    Mendistribusikan sumber daya internal dan rencana untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
  3. Eksekusi strategi pemasok
Referensi:

Komentar

Postingan Populer